Pengukuran pH

Posted by : eralikacom

June 8, 2017

Kertas Lakmus

pH, yang merupakan singkatan dari potential of Hydrogen atau power of Hydrogen, adalah derajat keasaman yang digunakan untuk menyatakan tingkat keasaman atau kebasaan yang dimiliki oleh suatu larutan. Nilai dari pH didefinisikan sebagai kologaritma  aktivitas ion hidrogen (H+) yang terlarut. pH merupakan kuantitas tak berdimensi. Jangkauan nilai pH adalah 0-14. Air murni (H2O) bersifat netral, dengan pH-nya pada suhu 25°C ditetapkan sebagai 7,0. Larutan dengan pH kurang daripada tujuh disebut bersifat asam, dan larutan dengan pH lebih daripada tujuh dikatakan bersifat basa atau alkali.

Pengukuran pH adalah salah satu pengukuran yang sangat penting dalam berbagai analisis kimia, baik dibidang industri, manufaktur, farmasi, kedokteran, pertanian, produksi makanan, rekayasan, oseanografi maupun bidang-bidang lainnya. pH larutan dapat diukur dengan beberapa cara. Secara kualitatif pH dapat diperkirakan dengan kertas lakmus (Litmus) atau suatu indikator (kertas indikator pH). Secara kuantitatif pengukuran pH dapat digunakan elektroda potensiometrik. Elektroda ini memonitor perubahan voltase yang disebabkan oleh perubahan aktifitas ion hidrogen (H+) dalam larutan.

Kertas Lakmus
Kertas Lakmus
pH meter
pH Meter

Fakta bahwa pH merupakan nilai logaritmik menunjukkan bahwa satu tingkatan pH memiliki perbedaan 10×. Misalnya, pH 6 10× lebih asam dari pH 7, pH 8 10× lebih basa dari pH 7, dengan demikian pH 6 100× lebih asam dari pH 8.

Jangkauan pH dihitung menggunakan logaritma negatif. Persamaan pH dapat dituliskan sebagai berikut:

pH = -log[H3O+]

atau

pH = -log[H+]

Salah satu hal yang harus dipahami dan diperhatikan dalam perhitungan pH adalah konsentrasi. Konsentrasi umum dideskripsikan dalam satuan molaritas. Molaritas adalah mol per satuan volume (m/v atau M). Hal ini akan berguna dalam identifikasi konsentrasi sesungguhnya dari larutan yang ingin diketahui pH-nya. Misalnya, jika konsentrasinya adalah 1,05 x 10^5 M, tuliskan persamaan pH sebagai: pH = -log[1,05 x 10^5 M]. Selalu tambahkan satuan untuk menghiudari kebingungan.

 

Sumber:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/PH
  • http://id.wikihow.com/Menghitung-pH
  • http://www.chem-is-try.org/materi_kimia/kimia-industri/instrumentasi-dan-pengukuran/pengukuran-ph/