Gelas Beaker

Posted by : eralikacom

October 5, 2017

fungsi-dan-kegunaan-beaker-glass-pyrex-min

Gelas beaker atau gelas piala adalah sebuah wadah penampung yang digunakan untuk mengaduk, mencampur, dan memanaskan cairan yang biasanya digunakan dalam laboratorium.Gelas piaGelas Beakerla secara umum berbentuk silinder dengan dasar yang rata dan tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 1 mL sampai beberapa liter. Sebagian besar juga memiliki corot kecil (atau “paruh”) untuk membantu menuangkan. Adanya corot kecil/moncong berarti gelas piala tidak dapat ditutup. Namun, gelas piala dapat ditutup dengan kaca arloji untuk mencegah kontaminasi dan penyusutan isinya, tetapi ada ventilasi melalui ceratnya. Sebagai alternatif, gelas piala dapat ditutup menggunakan gelas piala lain yang lebih besar yang dibalik, meskipun kaca arloji lebih disukai.

Dalam melakukan percobaan kimia, senantiasa menggunakan gelas kimia (gelas beker) yang berfungsi untuk menyiapkan larutan yang akan digunakan, untuk tempat mereaksikan zat dalam volume yang banyak dan untuk melarutkan zat padat ke dalam zat cair dalam proses pembuatan larutan.

Beker dapat ditutup dengan kaca pengamat untuk mencegah kontaminasi dan penyusutan zat. Beker seringkali dibubuhi dengan ukuran yang terdapat pada sisi beker yang mengindikasikan volume tertampung. Sebagai contoh, beker dengan volume 250 mL ditandai dengan garis-garis yang mengindikasikan volume zat tertampung sebesar 50, 100, 150, 200, dan 250 mL. Keakuratan ukuran ini sangat bervariasi.

Sumber: